Resume okk

Pada tanggal 3 agustus pukul 6 pagi, saya dan teman saya jalan menuju Balairung di UI untuk melakukan registrasi ulang. Saya berfikir kalo registrasi ulang di UI sama seperti saya registrasi ulang di SMP atau SMA. Tapi ternyata sangat berbeda. Ada acara welcoming maba yang dibuat oleh kakak-kakak panitia OKK (Orientasi kehidupan Kampus). Dan di sana kami dijelaskan apa yang harus kami lakukan setelah kami resmi melakukan registrasi ulang. Ada stand OKK, ada stand fakultas, dan ada stand jurusan. Kami dijelaskan berbagai macam sesuatu.

Setelah registrasi ulang, pada tanggal 6 agustus ada kegiatan mahasiswa baru yang harus kami datangi, yaitu display UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Saya awalnya tudak mengetahui acara macam apa display UKM itu. Ternyata seperti demo ekskul. Acaranya sangat bikin ngantuk kalau kakak-kakak nya hanya menjelaskan slide, tanpa ada aksi. Di sana ada sekitar 40 UKM. Kami menyimaknya dengan sabar. Walaupun dengan sedikit terkantuk-kantuk. Tetapi saya menikmatinya. UKM yang nyangkut di memori otak saya itu dance sport, marching band, orchestra, salam, yang budha itu, liga tari, sama yang kayak abri itu. Yang lainnya agak membosankan kalau menurut saya. Di tutup dengan penampilan marching band yang sangat sempurna dan membuat saya tertarik untuk mengikutinya. Tetapi, yang saya bingung, kok hanya untuk mendaftarkan diri saja harus membayar sejumlah uang? Untuk apa? Lagi pula saya juga belum tentu di terima kalau ada audisi nya lagi. Kecuali kalau saya sudah fix bakal diterima, terus disuruj bayar sih tidak apa-apa. Tapi walaupun acaranya sangat melelahkan saya sangat puas dengan penampilan kakak-kakak yang tampil. Bagus banget. Saya sampai tercengang.

Kegiatan mahasiswa baru yang ketiga dan wajib didatengi, adalah acara puncak, yaitu PSAU & OKK (Orientasi Kehidupan Kampus). Saya berfikir apa yang akan kami lakukan di acara tersebut. Ternyata pas PSAU, kami di jelaskan tentang segala seluk beluk Universitas Indonesia. Dan kami diberi banyak sekali informasi bermanfaat. Setelah PSAU selesai, acara OKK pun di mulai. Ada banyak penampilan dari musisi-musis ciamik yang keberadaannya selama ini tidak saya ketahui. Ada satu gitaris yang saya lupa namanya. Dia mainnya keren sekali. Seperti menonton sungha jung. Keren. Setelah itu, ada beberapa seminar. Salah satunya eminar tentang korupsi, dan kami dikasih unjuk sebuah film pendek tentang sebagian kecil dari bentuk korupsi di Indonesia. Acara terakhirpun datang. Dinamika angkatan. Saya tidak mengerti maksud dari dinamika angkatan itu apa. Saya juga bingung saat kakak senior menyuruh kami, maba, untuk membuat lambang OKK Aku Manusia ditengah-tengah balairung. Apa sih maksudnya. Saya benar benar bingung. Tapi lambat laun saya pun mengerti. Intinya kami mahasiswa, harus bisa bergerak sendiri. Jangan manja. Dan ada beberapa kesimpulan yang saya tangkap. Kerjasama. Kami semua satu. Dan kami harus saling kerjasama agar mendapat hasil yang sukses. Aku manusia.

Leave a comment